RSS

Tarian Daerah serta properti yang digunakan

Yuuu kali ini aku akan memposting mengenai tarian daerah. Bermula dari disuruh mengerjakan tugas adeku. begitu sulit mencari tarian daerah yang sudah dilengkapi properti yang digunakan. yu langsung saja..


1)  Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.
 Busana yang digunakan dalam Tari Seudati terdiri dari celana panjang dan kaos oblong lengan panjang yang ketat warna putih. Kain songket yang dililitkan sebatas paha dan pinggang, rencong yang disematkan di pinggang, ikat kepala berwarna merah, dan sapu tangan berwarna.


2)  Legong merupakan sekelompok tarian klasik. Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan "gong" yang artinya gamelan. Properti yang digunakan dalam Tari Legong adalah rangkaian kipas.

 3) Tari Andun adalah salah satu kesenian tarian rakyat yang berasal dari daerah Bengkulu Selatan, Sumatra, yang sering di tampilkan pada saat pesta perkawinan. Para penari tari andun biasanya di peragakan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang.
                                                         
4)  Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. Propetri yang digunakan: cerano/wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung, keris. Pakaian: baju kurung /adat Jambi, iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari : biola, gambus, akordion, rebana, gong dan gendang.
                                                         
5) Tari Serimpi merupakan sebuah tarian klasik dari Yogyakarta. Tarian ini ditampilkan oleh empat orang penari wanita yang cantik dan anggun. Kata serimpi itu sendiri berarti empat. Properti tari yang digunakan di antaranya adalah jebeng, cundrik atau keris kecil, pistol, jemparing, dan tombak pendek.
                                                           
6) Tari Remo adalah salah satu tarian untuk penyambutan tamu agung, yang ditampilkan baik oleh satu atau banyak penari. Tarian ini berasal dari Provinsi Jawa Timur. Properti yang digunakan dalam tari remo yaitu sabuk dan keris yang dipakai di pinggang serta dipaha kanan ada slendang yang menggantung sampai kemata kaki.                                                          

7)     Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai properti utama.                                                           

8) Tari Rangguk Ayak yang yang berasal dari daerah Jambi menggunakan properti berupa rebana. Kata Rangguk berarti “tari”, rangguk ayak  berarti  tari ayak.                                                         

9) Tari Kipas Pakarena merupakan tarian yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Kata pakarena sendiri berasal dari bahasa setempat yakni karena yang berarti main. Tarian ini merupakan salah satu tradisi di kalangan masayarakat Gowa yang masih dipertahankan sampai saat ini. Properti yang digunakan dalam Tari kipas pakarena adalah kipas.                                                      

10) Tari Baksa Kambang. Merupakan jenis tari klasik Banjar sebagai tari penyambutan tamu agung yang datang ke Kalimantan Selatan, penarinya adalah wanita. Tarian ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang sedang merangkai bunga. Sering dimainkan di lingkungan istana. Dalam perkembangannya tari ini beralih fungsi sebagai tari penyambutan tamu. Properti yang digunakan dalam Tari Baksa Kambang adalah rangkaian bunga.
                    
Berikut gambar dari tarian daerah yang sudah dijelaskan diatas
Tari Andun
 Tari Seudati
 Tari Rangguk Ayak
 Tari Remo
 Tari Sekapur Sirih
 Tari Serimpi
 Tari Piring
 Tari Legong
 Tari Kipas Pakarena
 Tari Baksa Kambang

Dari 33 Tarian Daerah, aku hanya memposting 10 saja hehe

0 komentar:

Posting Komentar

 
img.emoji { height: 1cm; width: 1cm; vertical-align: -0.1cm; }